Profil Perpustakaan SMKN 1
Cilegon

PROFIL

- Sejarah Perpustakaan SMKN 1 Cilegon -


Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar dalam mendukung pencapaian hasil belajar siswa yang berkualitas.Sebagai sumber belajar keberadaan perpustakaan sekolah sangat dibutuhkan para guru dan tenaga kependidikan (GTK), serta peserta didik untuk memperluas dan memperdalam pengetahuannya.

Oleh karena itu, tujuan keberadaan perpustakaan sekolah yang utama adalah untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Disamping itu juga untuk menumbuhkembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca, memanfaatkan bacaan sebagai sumber informasi, memupuk daya kritis serta menyumbangkan kegemaran pribadi melalui bacaan.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka perlu adanya perhatian khusus dari seluruh stakeholder pendidikan, terutama para penyusun/pengambil kebijakan. Dalam hal ini Kepala Satuan Pendidikan maupun kepala instansi/ dinas pendidikan dapat mengembangkan perpustakaan sekolah. Oleh karena itu, segenap keluarga besar SMK Negeri 1 Cilegon, melalui para pengelola perpustakaan sekolah berusaha untuk mengelola selanjutnya mengembangkan perpustakaan SMK Negeri 1 Cilegon secara maksimal sesuai dengan visi dan misinya

SMK Negeri 1 Cilegon berdiri pada tahun 1997 sebagai unit sekolah baru (USB) dan diresmikan pada tanggal 29 April 1998 dengan status negeri. Namun, pada saat pembangunan unit sekolah baru (USB) SMK Negeri 1 Cilegon belum dilengkapi dengan pembangunan gedung perpustakaan, hanya baru disediakan ruang perpustakaan yang terletak dilantai atas (sekarang ruang praktik TKJ). Pada tahun 2004 ruang perpustakaan sempat dipindah dan ditukar tempat dengan ruang gambar mesin (sekarang ruang guru).Baru pada tahun 2006 SMKN 1 Cilegon mendapat bantuan gedung perpustakaan yang terletak di sebelah barat lapangan basket (sekarang ruang bengkel TKR).Seiring perjalanan waktu dengan dibangunnya lapangan basket menjadi gedung serba guna, dan pemusatan jurusan teknik kendaraan ringan di sekitar gedung serbaguna membuat ruang perpustakaan dipindah ke gedung yang berukuran 180 m2 berlokasi di ujung selatan dibelakang bekas rumah dinas, tepatnya pada tahun 2013 dan pada saat itu sekalian dibuat SK pendirian perpustakaan sekolah oleh kepala sekolah yang saat itu dijabat oleh H. Adnan, M.Pd., dengan kepala perpustakaan dijabat oleh Drs. Sae,an, MM.

Dengan berpindahnya gedung perpustakaan tersebut sempat mengalami beberapa hambatan diantaranya susunan buku-buku menjadi tidak teratur yang disebabkan salah dalam prosedur pengangkutan barang saat pindahan, banyak buku yang basah dan dimakan rayap akibat tidak segera disusun dan masih ditimbun digudang, sehingga aktifitas perpustakaan banyak digunakan untuk penataan ulang susunan buku dan layout ruangan.

Baru pada awal tahun 2015 perpustakaan sudah normal kembali dan berangsur-angsur berbagai sumber belajar, seperti buku paket, alat peraga, dan media pembelajaran lainnya mulai ditata sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Penataan terus dilakukan, baik berkaitan dengan ruangan maupun sarana prasarana pendukung secara berkelanjutan.Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan perbendaharaan koleksi buku dan pelayanan kepada warga sekolah.

Keberadaan gedung perpustakaan SMK Negeri 1 Cilegon merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di SMK Negeri 1 Cilegon. Penataan dilakukan secara berkelanjutan dengan berbagai kreativitas, seperti penataan area dalam ruangan perpustakaan yang meliputi:

Pada tahun pelajaran 2015/2016, perpustakaan SMK Negeri 1 Cilegon dikelola oleh 3 orang, yang terdiri dari 1 kepala perpustakaan dan 2 staf. Dengan motto memberikan pelayanan bahan pustaka cepat dan akurat, maka seluruh pengelola perpustakaan bertekad untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh warga sekolah dalam mewujudkan visi dan misi sekolah

Dalam menapaki perkembangan, perpustakaan SMKN 1 Cilegon telah mengalami beberapa pergantian pimpinan sebagai Kepala Perpustakaan, yaitu:

  1. Disaat Kepala Sekolah Drs. Afandi Haryanto (tahun 1998 s/d 2000), Kepala Perpustakaa dijabat oleh Kamal Fikri, S.Pd (tahun 1998 s/d 1999) dilanjutkan oleh Eni Rosana, S.Pd (1999 s/d 2000).
  2. Disaat Kepala Sekolah Drs. Ayat Sudrajat, M.Pd. (tahun 2000 s/d 2004) Kepala Perpustakaan dijabat oleh Eni Rosana (tahun 2000 s/d 2004).
  3. Disaat Kepala Sekolah H. Ismatullah, M.Pd. (tahun 2004 s/d 2008)Kepala Perpustakaan dijabat oleh Eni Rosana (tahun 2004 s/d 2005) dilanjutkan oleh Tina Setiani, S.Pd. (tahun 2005 s/d 2006), dilanjut Drs. Sae’an (tahun 2006 s/d 2008).
  4. Disaat Kepala Sekolah. Adnan, M.Pd. (tahun 2008 s/d 2014) Kepala Perpustakaan dijabat oleh Drs. Sae’an, MM. (tahun 2008 s/d 2009), dilanjukan Drs. Suwarto (tahun 2009 s/d 2011), dilanjut kembali Drs. Sae’an (tahun 2011 s/d 2014).
  5. Disaat Kepala SekolahWidodo, M.Pd. (tahun 2015 s/d sekarang) Kepala Perpustakaan dijabat oleh Drs. Sae’an, MM. (tahun 2015) dilanjutkan Dra.Ida Akhadah, M.Pd. (tahun 2016 s/d 2017), dilanjutkan Rika Kusmayanti, A.Md ( Tahun 2017 s/d Sekarang )

- Visi & Misi -


Visi

Menjadikan perpustakaan SMK Negeri 1 Cilegon perpustakaan yang mencerdaskan, menyenangkan dan penyedia informasi dengan memberikan pelayanan prima kepada Pemustaka serta mengoptimalkan Perpustakaan sebagai pusat belajar dan pusat informasi yang dinamis

Misi

  1. Memberikan pelayanan prima bagi pemustaka
  2. Menumbuhkan minat baca dan budaya gemar membaca di kalangan siswa
  3. Melaksanakan kegiatan membaca dan menulis secara optimal yang berorientasi pada pencapaian budaya baca
  4. Mewujudkan Perpustakaan Digital.
  5. Menjadikan perpustakan pusat Kegiatan belajar mengajar
  6. Menjadikan perpustakaan pusat penelitian sederhana
  7. Menjadikan perpustakaan pusat belajar mandiri bagi siswa
  8. Menjadikan Perpustakaan pusat informasi pendidikan dan rekreasi bagi Pemustaka
  9. Menjadikan Perpustakaan pusat pengembangan minat dan bakat
  10. Menjadikan perpustakaan pusat pengembangan prestasi keilmuan melalui bahan bacaan

- Strukrur Organisasi -


- Tugas Pengurus Perpustakaan -


  1. Tugas Kepala Sekolah
    • Bertanggung jawab penuh atas penyelengaraan kegiatan perpustakaan yang telah di programkan
  2. Tugas Koordinator/ Kepala Perpustakaan
    • Bertanggung Jawab tentang penyelenggaraan atau pengolahan seluruh unit perpustakaan.
    • Mengkoordinir Tata Kerja dan Hubungan dengan staff perpustakaan
    • Mengklasifikasikan buku – buku baru
    • Membubuhi Nomor Kode Buku Baru
    • Menambah Koleksi Perpustakaan
    • Mengadakan Kerjasama dengan Instansi/Sekolah lain
  3. Tugas Bagian Pelayanan Teknis
    • Membubuhi stempel pada buku baru
    • Menyiapkan Kartu Anggota, Kartu Katalog, Kantong Buku, Kartu Buku
    • Menginventarisir Buku Baru
    • Mengatur Buku
    • Menjaga Keselamatan Buku
    • Membuat Laporan Kegiatan
  4. Tugas Bagian Pelayanan Pembaca dan IT
    • Membagi Kartu Anggota
    • Melayani pengunjung yang membawa kartu anggota
    • Melayani meminjam atau mengembalikan buku
    • Melayani pengunjung dalam ruang baca
    • Melakukan Penagihan buku
    • Membuat laporan kegiatan

- BANGUNAN FISIK -


Perpustakaan SMK Negeri 1 Cilegon menempati bangunan baru pada Juli 2013, dengan ukuran 180 m2 yang terdiri dari :

  1. Ruang I, berisi buku pelajaran, buku perpustakaan, Ruang koleksi Digital, ruang sirkulasi, ruang internet, ruang baca.
  2. Ruang II, ruang Kepala Perpustakaan, ruang penyimpanan

- KOLEKSI BAHAN PUSTAKA -


  1. Buku Pelajaran :
  2. No Judul Buku Kelas X Kelas XI Kelas XII Jumlah
    Judul Eks Judul Eks Judul Eks Judul Eks
    1 Agama Islam
    2 PPKN
    3 Bahasa Indonesia
    5 Bahasa Inggris
    6 IPA
    7 IPS
    8 Fisika
    9 Kimia
    10 Agama Lain
    Jumlah
  3. Koleksi buku Fisksi dan Non Fiksi

- BENTUK PELAYANAN -


Layanan perpustakaan SMK Negeri 1 Cilegon memakai sistem layanan terbuka, maksudnya dalam proses peminjaman pemakai dapat mencari dan mengambil sendiri koleksi buku yang diinginkan di rak buku yang tersedia. Perpustakaan memberikan pelayanan yang diantaranya :

  1. Layanan Printer, scan yang tersedia di ruang perpustakaan sehingga pemustaka tidak kejauhan lagi jika ingin memfotokopi informasi yang dibutuhkan.
  2. Layanan Koleksi Referensi yaitu tersedianya berbagai macam kamus, ensiklopedia, undang-undang/peraturan, Atlas dan lain-lainya.
  3. Layanan Penelusuran Informasi yaitu sebuah layanan dalam menemukan sumber informasi atau bahan rujukan yang dibutuhkan dalam sebuah penulisan baik guru maupun siswa.
  4. Layanan Internet yaitu layanan yang diberikan dengan menyediakan akses Internet berupa komputer dan jaringan Internet serta fasilitas Wifi. Sebagai penunjang pelayanan Kami membuat Aplikasi berbasis Web dengan nama DILAN ( Digital Library Application ) dengan alamat Web https://perpus-smkn1clg.com. Untuk sarana informasi kepada anggota, Kami membuat Fanpages https://www.facebook.com/perpussmkn1clg
  5. Layanan Sirkulasi yaitu (Peminjaman, pengembalian, perpanjangan dan pemesanan).
  6. Layanan Bimbingan pemakai dan literasi Informasi yaitu sebuah layanmberian informasi mengenai cara menggunakan perpustakaan dengan benar, layanan ini diberikan biasanya di awal tahun ajaran.

- PETUGAS PERPUSTAKAAN -


Dalam melaksanakan layanan, perpustakaan SMK Negeri 1 Cilegon di kelola oleh 3 orang pegawai yaitu :

  1. Kepala Perpustakaan : Rika Kusmayanti,A.Md
  2. Staf Bagian Layanan pembaca dan IT : Edi Irawan
  3. Staf Bagian Layanan Teknis : Nadia Rosita. E, A.Md

- PROGRAM KERJA -


Untuk meningkatkan minat baca warga sekolah perpustakaan mempunyai program diantaranya :

  1. Bedah buku dengan menghadirkan penulis, pengarang, tokoh
  2. Penerbitan Buletin
  3. Lomba Resensi Buku
  4. Mengikuti Lomba Storytelling
  5. Pemberian Reward bagi peminjam terbanyak
  6. Pemilihan Duta Perpustakaan
  7. Digital Library
  8. Information Literacy
  9. Total Library
  10. Gerakan Wakaf Buku siswa yang lulus
  11. Menyediakan Sudut Baca
  12. Menyediakan Perpustakaan Kelas

- JAM LAYANAN -


Untuk memberikan pelayanan prima kepada pemustaka maka perpustakaan membuka layanan yang lebih efektif (49 jam/minggu) yakni dari hari Senin – Sabtu dengan jadwal sebagai berikut :

  1. Senin – Kamis dari pukul 07.30 WIB sampai pukul 15.00 WIB
  2. Jum’at dari pukul 07.30 WIB sampai pukul 11.30 WIB dan pukul 13.00 sampai 15.00 WIB

- FASILITAS -


Untuk mendukung kegiatan belajar di perpustakaan maka perpustakaan dilengkapi fasilitas :

  1. Ruang nyaman ber AC yang berjumlah 4 buah
  2. Kursi baca 12 buah serta fasilitas ruang baca khusus
  3. Komputer yang terkoneksi internet yang berjumlah 6 unit
  4. Katalog komputer
  5. Hotspot Area/WIFI
  6. Pelayanan peminjaman yang sudah menggunakan system bercode sehingga pelayanan bisa dilakukan lebih cepat, tepat dan efisien

- KERJASAMA -


Kerja sama selama ini, dilakukan melalui :

  1. Dinas Pendidikan Kota Cilegon
  2. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Banten
  3. KPAD Kota Cilegon
  4. ATPUSI Banten
  5. Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Banten
  6. Perpustakaan Sekolah Lain

- PERATURAN PEMINJAM -


  1. Jam Buka Perpustakaan
    • Senin – Jum’at : 07.30 – 15.00 WIB
    • Istirahat : 11.30 – 13.00 WIB (jum’at)
  2. Syarat-syarat Keanggotaan
    1. Untuk memperoleh pelayanan dan memanfaatkan fasilitas diwajibkan menjadi anggota terlebih dahulu
    2. Registrasi bagi siswa , guru dan karyawan
    3. Foto langsung ke sistem di ruang perpustakaan
    4. Masa berlaku keanggotaan selama yang bersangkutan menjadi siswa, guru, TU SMK Negeri 1 Cilegon
  3. Aturan dan Ketentuan Pemakai Perpustakaan
    1. Wajib menyorot/scaner barcode pada pelayanan sistim yang disediakan
    2. Tidak diperkenankan membawa tas, jaket, dan payung ke dalam ruangan perpustakaan, kecuali barang-barang berharga seperti handphone (HP), dompet, dsb
    3. Kartu anggota perpustakaan tidak dapat dipinjamkan kepada orang lain
    4. Bila kartu anggota perpustakaan hilang, segera melapor kepada petugas perpustakaan untuk diganti dengan yang baru
    5. Pengunjung wajib mengembalikan buku yang sudah dibaca ke tempat semula
    6. Pengunjung yang membutuhkan informasi tentang koleksi yang dibutuhkan, dapat meminta bantuan petugas perpustakaan
    7. Apabila pengunjung tidak menemukan buku yang dicari, diharapkan mengisi lembar “Daftar Buku yang Belum Ada” yang disediakan oleh petugas perpustakaan
    8. Turut menjaga kebersihan dan keberadaan fasilitas serta semua koleksi perpustakaan.
    9. Tidak diperkenankan makan dan minum di dalam ruangan
    10. Turut menjaga ketenangan suasana perpustakaan
    11. Bersikap sopan dan saling menghargai kepada petugas dan sesama pengunjung perpustakaan.
  4. Peraturan Peminjaman
    1. Peminjam harus mempunyai kartu anggota perpustakaan yang masih berlaku
    2. Anggota berhak meminjam buku, maksimal 2 (dua) buku selama 3 (hari kerja)
    3. Perpanjangan waktu peminjaman dapat dilakukan 1 kali, selama 3 hari dengan mempertimbangkan situasi dan kondisinya
    4. Peminjam wajib mengembalikan buku yang dipinjam tepat pada waktunya, atau sebelum batas waktu habis
    5. Peminjam wajib menjaga agar buku yang dipinjam tetap bersih, utuh/ tidak rusak, dan tidak membuat coretan-coretan
    6. Proses peminjaman dan pengembalian buku dilakukan dengan sistem komputer, maka data yang diberlakukan/ diakui adalah data dari komputer
  5. Sanksi
    1. Bila terlambat mengembalikan buku yang dipinjam, maka akan dikenakan denda sebesarRp.1000,00/buku/hari
    2. Buku yang hilang atau rusak karena kelalaian peminjam,wajib digantikan dengan buku yang sama
    3. Pelanggaran terhadap peraturan perpustakaan dapat mengakibatkan status keanggotaannya dihilangkan sehingga tidak diperbolehkan lagi meminjam buku
  6. Surat Bebas Perpustakaan
  7. Syarat-syarat mendapatkan Surat Bebas Perpustakaan adalah sebagai berikut :

    1. Berlaku wajib untuk seluruh siswa yang telah menyelesaikan studinya (siap mengikuti ujian akhir),
    2. Siswa yang pindah studi, dan siswa yang mengundurkan diri
    3. Semua pinjaman buku perpustakaan dan buku paket telah di kembalikan
  8. Lain - Lain
    1. Setiap memakai buku untuk difotokopi, harus dicatatkan pada petugas dan meninggalkan kartu anggota
    2. Hal-hal yang belum termuat dalam tata tertib ini akan ditentukan kemudian
    3. Tata tertib ini berlaku mulai tanggal ditetapkannya